whatsapp-logo

Pelanggan yang terhormat, selamat datang di Greenlab Indonesia. Ada yang bisa kami bantu? Yuk konsultasikan kebutuhan pengujian lingkungan Anda. Kami tunggu yaa 😊🙏🏻

Yuk Konsultasikan!

environesia-image

Stay Update,

Stay Relevant

Greenlab’s Timeline

kunjungan kan

Hidup Sehat Dan Nyaman Dengan Panduan Hygiene

Greenlab Indonesia

Monday, 08 Jul 2024

Hygiene adalah sebuah kata sederhana yang menyimpan makna luar biasa. Di balik kesederhanaannya, higiene merupakan kunci utama untuk membuka pintu menuju kesehatan dan kehidupan yang lebih nyaman. Hygiene adalah serangkaian praktik yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Praktik ini meliputi menjaga kebersihan diri, lingkungan sekitar, dan berbagai aspek lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan. Hygiene mencakup usaha perawatan diri, salah satunya Upaya ketetapan sikap tubuh. Upaya hygiene juga mencakup perlunya perlindungan bagi pekerja yang terlibat dalam pengolahan makanan agar terhindar dari penyakit, baik penyakit yang terjadi seperti kebanyakan orang maupun penyakit yang disebabkan oleh kecelakaan kerja.
Lebih dari sekadar mandi dan mencuci tangan, higiene mencakup:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh  
Salah satu Upaya Hygiene yaitu dengan merawat sebaik-baiknya tubuh kita sendiri. Salah satu upayanya yaitu Mandi secara teratur, mencuci tangan dengan sabun dan air, menyikat gigi, dan menjaga kebersihan rambut dan kuku.

2. Menjaga Kebersihan Pakaian
Pakaian merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial manusia. Bahkan pakaian menjadi representasi diri kita, semakin rapi dan bersih pakaian yang kamu kenakan penilaian orang terhadap kamu akan semakin baik. Selain sebagai wajah dari tubuh kita pakaian perlu kita jaga demi menjaga Kesehatan tubuh kita yaitu dengan mengganti pakaian secara teratur, mencuci pakaian dengan sabun dan deterjen, dan mengeringkannya dengan benar.

3. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal
Membersihkan rumah secara berkala, membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga ventilasi ruangan. Tempat tinggal yang bersih akan menghasilkan lingkungan yang bersih pula. Selain itu Upaya Kesehatan manusia akan meningkat apabila lingkungan yang manusia tinggali nyaman dan juga bersih.

4. Menjaga Kebersihan Makanan
Memasak makanan dengan benar, menyimpan makanan dengan aman, dan mencuci tangan sebelum makan.

5. Menjaga Kebersihan Air
Minum air bersih dan terhindar dari kontaminasi, serta menggunakan air bersih untuk mandi, mencuci, dan memasak.

6. Pengelolaan Sampah
Membuang sampah pada tempatnya dan mengelola sampah dengan benar untuk mencegah pencemaran lingkungan. Pengelolaan sampah yang baik akan mengurangi penumpukan sampah yang menyebabkan banyak penyakit. 

7. Pengendalian Hama
Membasmi hama dan vektor penyakit seperti nyamuk, tikus, dan lalat untuk mencegah penyebaran penyakit.

 

Jenis-Jenis Hygiene :

Higiene dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis utama:

a. Hygiene Pribadi : menjaga kebersihan diri sendiri, seperti mandi, mencuci tangan, menyikat gigi, dan menjaga kebersihan pakaian dan tempat tinggal.

b. Hygiene Sanitasi : menjaga kebersihan lingkungan sekitar, seperti pengelolaan air bersih, pembuangan sampah, dan pengendalian hama.

 

Manfaat Menjaga Kebersihan 

Menjaga kebersihan membawa banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan, di antaranya:

a. Mencegah penyakit : hygiene yang baik dapat mencegah berbagai penyakit menular, seperti diare, kolera, tifoid, dan hepatitis A. Penyakit-penyakit yang timbul bisa kita kurangi salah satunya dengan menerapkan hygiene dalam kehidupan sehari-hari kita.

b. Meningkatkan kesehatan : hygiene yang baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

c. Meningkatkan kualitas hidup : hygiene yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup dengan menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

d. Membuat lingkungan yang lebih nyaman : hygiene yang baik dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan sehat untuk ditinggali.

 

Tips Menjaga Kebersihan :

Menjaga kebersihan tidaklah sulit. Menjaga kebersihan saat ini menjadi hal yang esensial untuk kita. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar menjaga kebersihan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

a. Jadikan kebiasaan : jadikan hygiene sebagai kebiasaan sehari-hari agar mudah dilakukan. Jika hygiene terus menerus dilakukan lingkungan yang kita tinggali akan 

b. Libatkan keluarga : libatkan keluarga dalam menjaga hygiene agar tercipta lingkungan yang sehat di rumah.

c. Berikan edukasi : berikan edukasi tentang pentingnya hygiene kepada anak-anak agar mereka terbiasa hidup sehat. Tanamkan kepada mereka pula bahwa kita bisa menjadikan lingkungan kita nyaman salah satunya dengan menjaga kebersihan.

d. Dukung program pemerintah : dukung program pemerintah dalam menjaga higiene dan sanitasi lingkungan. Ikuti pula program yang mereka adakan baik di lingkungan kerja maupun lingkungan tempat tinggal.

 

Kesimpulan 

Hygiene adalah kunci utama untuk hidup sehat dan nyaman. Dengan menerapkan hygiene yang baik dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjaga kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Mari jadikan hygiene sebagai kebiasaan dan ciptakan lingkungan yang lebih sehat dan sejahtera.


(Image by : pinterest/herencia.net)
(011/NSA)

Discover compassionate service

that exceeds expectations.

Bersama Greenlab Indonesia, mari bangun

Indonesia dengan lingkungan yang lebih baik,

secara terukur, teratur, dan terorganisir.

model-6